Prosedur Skripsi

Proses dan pelaksanaan pembimbing tugas akhir (TA) / skripsi adalah sebagai berikut :
Mahasiswa PS Kehutanan yang akan menyusun skripsi harus sudah lulus 110 SKS dengan IPK sekurang-kurangnya 2,00 dan wajib menyampaikan penyusunan rencana skripsi sesuai dengan lingkup masalah yang menjadi minat studi yang bersangkutan. Dalam penyusunan skripsi tersebut mahasiswa akan dibimbing oleh dosen pembimbing. Ketentuan Umum dan Prosedur Penyusunan Skripsi dan Pengajuan Dosen Pembimbing adalah sebagai berikut:

  1. Ketua Program Studi menetapkan seorang pembimbing skripsi dan bila perlu menambah seorang pembimbing lainnya yang diambil dari program studi atau dari luar universitas
  2. Panel dosen pembimbing yang terdiri dari dua orang atau lebih, salah seorangnya adalah Ketua Pembimbing dan berasal dari PS Kehutanan.
  3. Penyusunan rencana skripsi diatur sesuai dengan peraturan yang berlaku Rencana skripsi dapat diajukan dan mendapat persetujun selambat-lambatnya dua (2) semester sebelum masa studi terjadwal berakhir dan telah memenuhi syarat menyusun skripsi (Lihat Point 6.1)
  4. Kandidat mengambil dan mengisi Formulir 1 (Pengajuan Minat/Topik Penelitian dan Dosen Pembimbing) di Program Studi.
    Kandidat Mengembalikan Formulir 1 yang telah diisi dan ditanda-tangani oleh Dosen Pembimbing Akademik selambat-lambatnya 14 hari setelah pengambilan Formulir 1 ke Program Studi masing-masing.
  5. Program Studi mengadakan rapat dan penelaahan Formulir 1 untuk selanjutnya merekomendasikan dan menetapkan calon dosen pembimbing bagi Kandidat dan hasilnya diumumkan di PS Kehutanan
  6. Dosen Pembimbing Skripsi maksimal 2 (dua) orang) (Syarat-syarat Dosen Pembibing Lihat Point 6.2)
  7. Program Studi membuatkan Formulir 2 (Surat Permohonan dan Penunjukan Dosen Pembimbing) yang ditujukan kepada Calon Dosen Pembimbing dengan disertai Formulir 3 (Kesediaan menjadi Pembimbing Skripsi)
  8. Setelah Formulir 3 terkumpul Program Studi akan membuat Formulir 4 (Permohonan Pembuatan SK Dosen Pembimbing Skripsi) yang ditujukan kepada Dekan.
  9. Sambil menunggu SK Dekan tentang Penunjukkan Dosen Pembimbing Skripsi, proses pembimbingan skripsi sudah bisa dilaksanakan

 

Persyaratan penyusunan skripsi dan dosen pembimbing skripsi

Persyaratan Penyusunan Skripsi

Untuk penyusunan skripsi, setiap mahasiswa harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

  1. Mahasiswa yang diwajibkan menyusun skripsi harus memenuhi syarat sudah lulus 110 SKS dengan IPK sekurang-kurangnya 2,00 serta memenuhi ketentuan lain yang ditetapkan (Fakultas Pertanian).
  2. Mahasiswa yang telah memenuhi syarat tersebut wajib menyampaikan penyusunan rencana skripsi sesuai dengan lingkup masalah yang menjadi perhatian departemen/program studi yang bersangkutan.
  3. Skripsi harus diselesaikan selambat-lambatnya dalam waktu 12 (dua belas) bulan terhitung sejak rencana skripsi disetujui
  4. Persetujuan selesainya bimbingan skripsi paling lambat 3 (tiga) bulan sebelum masa studi berakhir
  5. Skripsi ditulis dalam Bahasa Indonesia, kecuali pada program studi bahasa asing, skripsi dapat ditulis dalam bahasa asing
  6. Struktur dan Format Skripsi diatur oleh PS Kehutanan.

Persyaratan Dosen Pembimbing Skripsi

Untuk membimbing Skripsi, ketentuan dan syarat Dosen Pembimbing Skripsi adalah:

  1. Panel dosen pembimbing yang terdiri dari dua orang atau lebih, salah seorangnya adalah Ketua Komisi Pembimbing yang berasal dari Dosen Biasa PS Kehutanan dengan pendidikan minimal S 2.
  2. Anggota Komisi Pembimbing Skripsi yang berasal dari Dosen Biasa minimal dengan pendidikan S 2.
  3. Anggota Komisi Pembimbing Skripsi yang berasal dari Dosen Luar Biasa minimal pendidikan S 2 dengan jabatan fungsional minimal Lektor.
  4. Dosen pembimbing telah melaksanakan kegiatan akademik secara aktif minimal 3 (tiga) tahun.
  5. Dosen Pembimbing Skripsi tidak sedang dibebaskan dari tugas-tugas akademik maupun administrasi dari instansinya seperti sedang melanjutkan studi atau dicabut haknya karena sanksi
  6. Dosen Pembimbing Skripsi harus membuat jadwal bimbingan dan mengisi LBB dalam melaksanakan tugas bimbingan (LBB Terlampir)
  7. Ketua PS Kehutanan dapat menunjuk pengganti Dosen Pembimbing Skripsi jika pembimbing tidak dapat menjalankan tugasnya dengan baik
    Secara jelas kegiatan penyusunan skripsi dan dosen pembimbing skripsi ditampilkan pada Gambar.

 

alur skripsi

Alur Prosedur Skripsi