Laboratorium

LABORATORIUM BIOTEKNOLOGI HUTAN

Laboratorium merupakan fasilitas penunjang yang digunakan untuk kegiatan Tri Darma Perguruan tinggi, yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, dalam bentuk praktikum, penelitian mahasiswa untuk keperluan Tugas Akhir dan penelitian dosen untuk pengembangan keilmuan atau karya ilmiah, serta pengabdian pada masyarakat Program Studi Kehutanan.Laboratorium Bioteknologi Hutan dibentuk untuk mendukung kegiatan belajar mengajar sekaligus sebagai basis pengembangan dan penerapan keilmuan kehutanan yang terkait secara langsung pada aspek perbaikan pohon, kultur jaringan, pemanfaatan mikroba pelapuk kayu untuk industi pulping. Selain itu di laboratorium ini dikembangkan penelitian terhadap perlindungan hutan khususnya dari hama dan penyakit Di laboratorium ini hama dan penyakit yang dapat menyerang hutan baik di hutan alam maupun hutan tanaman dipelajari dan diteliti untuk selanjutnya dicari teknik pencegahan maupun penanggulangannya.
Saat ini Laboratorium Bioteknologi Hutan mengarahkan penelitian mahasiswa dari berbagai strata untuk mengidentifikasi potensi jamur pelapuk putih yang banyak dijumpai di kawasan hutan untuk dikembangkan sebagai pendegradasi lignin pada industri pulp. Secara intensif juga dilakukan penelitian penyakit-penyakit penting yang mnyerang pohon yang digunakan pada industry pulp sepert eakaliptus.Mengingat minimnya luas ruangan yang tersedia, maka sangat diperlukan penambahan ruang, sarana listrik dan air serta pendingin ruang. Penambahan ruang diperlukan untuk memisahkan antara ruang kultur, ruang persiapan, ruang penyimpanan, ruang peralatan serta ruang dosen dan asisten. 
Pada Tabel 1 disajikan daftar fasilitas dan peneliitian yang dapat dilaksanakan di laboratorium Bioteknologi Hutan.

Tabel 1. Daftar fasilitas dan peneliitian yang dapat dilaksanakan di laboratorium Bioteknologi Hutan, Fakultas kehutanan, Universitas Sumatera Utara
  Fasilitas laboratoirum dan alat Tema/judul penelitian Frekuensi penggunaan/bulan
  1 Ruang kepala lab dan penyimpanan alat -    25
2 Ruang kuliah -                     25
3 Laminar Air Flow

Isolasi, purifkasi fungi.

Identifikasi fungi

Perbanyakan fungi

Kultur Jaringan Tanaman kehutanan, perbanyakan, studi embryogenesis dll.

                     12
4 Mikroskop Studi pelapukan kayu, identifikasi, purifikasi dan uji potensinya.                      12
5 Autoclave                        12
6 Timbangan Digital

Studi fungi endofit, isolasi, identifikasi, perbanyakan.

                     12
7 Shaker Studi terhadap fungi pathogen, isolasi, identifikasi, purifikasi.                      12
8 Sentrifuse                        12
9 pH meter                        12
10 Hot Plate                        12
11 Micropipet                        12

 

LABORATORIUM MANAJEMEN HUTAN

Laboratorium manajemen hutan merupakan laboratorium terpadu yaitu laboratorium yang mengelola dan mengkoordinasikan praktikum-praktikum Geodesi dan Kartografi, Inventarisasi Hutan, Sistem Informasi Geografis, Penginderaan Jauh dan Sosial Ekonomi Kehutanan. Laboratorium terpadu manajemen hutan didukung oleh 8 orang staf bergelar Doktor dan 2 orang staf bergelar Master. Laboratorium fisik dilengkapi dengan peralatan survey, navigasi dan pemetaan yang cukup handal, sesuai dengan kebutuhan dan mengikuti perkembangan teknologi terkini. Selain menyelenggarakan perkuliahan dan praktikum bagi mahasiswa program Sarjana, laboratorium terpadu juga melayani jasa konsultasi, survey dan pemetaan, pelatihan-pelatihan GIS, analisis citra penginderaan jauh, serta bantuan-bantuan tenaga pakar untuk instansi pemerintah, dan swasta. 

 

LABORATORIUM TEKNOLOGI HASIL HUTAN

Profil
Laboratorium Teknologi Hasil Hutan (Lab.THH) berdiri sejak tahun 2003 saat dibukanya penerimaan mahasiswa program studi Teknologi Hasil Hutan (THH) Fakultas Pertanian USU. Pada mulanya Lab.THH ini adalah laboratorium terpadu pengajaran (untuk keperluan praktikum mahasiswa) yang terdiri atas ruangan dan workshop dengan dilengkapi alat-alat yang terbatas misalnya alat-alat gelas dan mesin-mesin pengolahan kayu (gergaji, mesin serut, dll).
Seiiring dengan kembalinya staf pengajar minat THH dari tugas belajar dan perubahan manajemen (Program Studi THH menjadi minat THH pada Program Studi Kehutanan), keberadaan Lab.THH mulai berkembang, baik dari kepakaran staf sumber daya manusia (SDM) pendukung maupun alat-alat yang tersedia.


Hingga saat ini laboratorium ini telah diperkuat dengan personil/ staf SDM yang kompeten di bidang teknologi hasil hutan, bergelar S2 dan S3, yaitu:

  • Arif Nuryawan, S.Hut., M.Si., Ph.D
  • Dr. Apri Heri Iswanto, S.Hut., M.Si.
  • Dr.Iwan Risnasari, S.Hut., M.Si.
  • Dr. Rudi Hartono, S.Hut., M.Si.
  • Irawati Azhar, S.Hut., M.Si.
  • Ridwanti Batubara, S.Hut., M.P
  • Luthfi Hakim, S.Hut., M.Si.
  • Tito Sucipto, S.Hut., M.Si.
  • Evalina Herawati, S.Hut., M.Si.
  • Yunus Afifuddin, S.Hut., M.Si.

 

Alat, bahan, dan ruangan yang tersedia
Peralatan yang tersedia di Lab.THH terbagi atas 3 (tiga) tempat, yaitu:

  • Alat-alat gelas, heating mantle, mikroskop, timbangan analitik, oven, waterbath, meja kempa manual, specimen (contoh) kayu berbagai species, dan specimen (contoh) produk panel kayu tersedia dan tersimpan di dalam ruangan Lab THH. Hingga saat ini ruangan Lab THH juga digunakan untuk kegiatan praktikum dan penelitian mandiri yang bisa menampung mahasiswa hingga 40 (empat puluh) orang. Ruangan lab THH ini dilengkapi dengan ruang asam, ruang kepala lab, dan ruang penyimpanan bahan para mahasiswa/ dosen yang terdaftar melakukan penelitian di Lab THH ini.
  • Mesin-mesin penggergajian dan pengerjaan kayu seperti gergaji potong, sander, dan planner tersedia di workshop THH. Demikian juga kempa panas (hot press) dan alat-alat pendukung pembuatan papan tiruan (rotary blender, spray gun, compressor) ada di workshop ini.
  • Universal Testing Machine merk Tensilon yang dilengkapi dengan monitor computer dan alat pengujian sifat mekanis kayu (uji bending, tekan, dan tarik) yang terbuat dari stainless steel tersedia di ruang pengujian sifat mekanis kayu.


Prosedur peminjaman Lab.THH
Prosedur peminjaman/ masuk Lab THH adalah dengan mengajukan surat kepada Ketua Lab THH yang berisi keperluan si peminjam. Dengan adanya permintaan tertulis, Ketua Lab THH dapat mengatur kapasitas tempat (daya tampung) orang, kapasitas penyimpanan bahan si peneliti (container), mengkoordinasikan antara kegiatan praktikum (akademis rutin) dan penelitian mandiri, waktu penggunaan alat, dan melakukan pengkoordinasian pengujian.


Kontak
Ketua Lab THH: Arif Nuryawan, S.Hut., M.Si., Ph.D
email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.